A.
Visi MAN 1 RANTAU
Terwujudnya siswa yang
berkualitas, bebudi pekerti luhur, berwawasan iptek, memiliki apresiasi seni
dan budaya Islam serta cinta terhadap lingkungan dengan landasan keimanan dan
ketakwaan.
B.
Misi MAN 1 RANTAU
1.
Memberikan pelayanan belajar
mengajar secara optimal.
2.
Menciptakan suasana Islami
dalam kehidupan dan pergaaulan madrasah.
3.
Mengembangkan ilmu
pengetahuan dan tegnologi.
4.
Mengembangkan seni budaya
Islam.
5.
Menumbuhkembangkan budaya
kompetitif yang positif untuk kemajuan prestasi siswa.
6.
Menumbuhkembangkan kecintaan
terhadap lingkungan.
C.
Tujuan MAN 1
Rantau
Terbentuknya peserta didik
yang :
1. Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik
2. Gemar beribadah
3. Berakhlak mulia
4. Berdisiplin tinggi
5. Berbudaya Islam
6. Memiliki
kecintaan terhadap lingkungan
D.
SASARAN MAN 1 Rantau
1. Tercapainya peningkatan kualifiksi
tenaga kependidikan
2. Tercapainya pelaksanaan pembelajaran
bimbingan penyuluhan/konseling dan ekstrakurikulir
3. Tercapainya peningkatan penghayatan
dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Islam
4. Tercapainya peningkatan hubungan
kerjasama dengan orang tua siswa, masyarakat dan steackcholder
5. Tercapainya peningkatan
ketatausahaan, rumah tangga madrasah, perpustakaan dan laboratorium
E.
Motto MAN 1
Rantau
6 S ( Senyum, Salam, Sapa, Salim, Sopan Dan
Santun).
F.
Kurikulum pada
MAN 1 Rantau
Kurikulum yang digunakan
adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP)
Berkarakter
dan Kurikulum 2013
G.
ANALISIS PROFIL
PENDUKUNG
1.
Kondisi
Lingkungan.
Lingkungan MAN 1 Rantau, baik lingkungan internal maupun
eksternal sangan menunjang bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
pertumbuhan, perkembangan dan tingkah laku siswa. Lingkungan internal dan
eksternal MAN 1 Rantau secara potensial berpengaruh sangat positif bagi
perkembangan dan tingkah laku warga MAN 1 Rantau. Hal ini disebabkan oleh
sebagian input (siswanya) berasal dari MTsN dan SLTP serta Paket B yang
memiliki lingkungan yang cukup baik. Disamping itu MAN 1 Rantau yang berlokasi
didekat perumahan cukup mendukung bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan
penerapan disiplin siswa.
2.
Kondisi Geografis
Kondisi geografis MAN 1 Rantau berada ditengah perkotaan,
sehingga mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini yang merupakan
salah satu alasan mengapa MAN 1 RANTAU diminati masyarakat. Sedangkan dari segi
sumber daya alam belum banyak yang bisa dikembangkan untuk akses pendidikan.
3.
Titik Koordinat
Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau terletak pada titik koordinat
:
Ø
Latitude -2.93071,
Ø
Longitude 115.15796.
4.
Kondisi Sosial
Ekonomi
Dari sisi social ekonomi, dimana masyarakat, lembaga adapt,
lembaga ekonomi dan lain – lain yang terhimopun dalam badan mandiri, yaitu
komite sekolah. MAN 1 Rantau mendapat dukungan yang baik dari masyarakat,
disamping karena tingkat social ekonomi masyarakat yang memadai, juga kesadaran,
kepedulian dan antusias masyarakat terhadap pendidikan di MAN 1 Rantau yang
baik.
5.
Kondisi
Demografis
Mata pencaharian penduduk sebagaian besar adalah pengusaha dan
pegawai negeri, sehingga disatu pihak memberikan potensi dalam mendorong
tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan
yang bermutu dan berkualitas.
6.
Kondisi
Pendidikan Yang Diharapkan
Tujuan
pendidikan yang diharapkan MAN 1 Rantau mengacu pada kebijakan Pendidikan
Menengah Umum, yaitu :
Untuk meningkatkan kemampuan intelektual yang berbasis pada
IPTEK dan IMTAQ.
v
IPTEK, dirumuskan dengan :
§
Peningkatan rata-rata UN
§
Membekali Pengetahuan Ilmu Dasar, sesuai dengan
program pilihannya.
§
Peningkatan siswa lulusan yang diterima di
Perguruan Tinggi
v
IMTAQ, dirumuskan dengan mewujudkan nuansa
keagamaan, dengan :
§
Adanya peningkatan pengembangan kegiatan
keagamaan.
§
Terbinanya perilaku dan budi pekerti siswa dengan
baik, yang ercermin dalam disiplin mentaati tata tertib, saling menghargai dan
akrab.
§
Timbulnya kesadaran dan kebiasaan melaksanakan
ibadah keagamaan sesuai dengan keyakinannya.
0 komentar :
Posting Komentar