Visi dan Misi MAN 1 Rantau


A.   Visi MAN 1 RANTAU
Terwujudnya siswa yang berkualitas, bebudi pekerti luhur, berwawasan iptek, memiliki apresiasi seni dan budaya Islam serta cinta terhadap lingkungan dengan landasan keimanan dan ketakwaan.


B.    Misi MAN 1 RANTAU
1.       Memberikan pelayanan belajar mengajar secara optimal.
2.       Menciptakan suasana Islami dalam kehidupan dan pergaaulan madrasah.
3.       Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tegnologi.
4.       Mengembangkan seni budaya Islam.
5.       Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang positif untuk kemajuan prestasi siswa.
6.      Menumbuhkembangkan kecintaan terhadap lingkungan.

C.  Tujuan MAN 1 Rantau
Terbentuknya peserta didik yang :
1.   Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik
2.   Gemar beribadah
3.   Berakhlak mulia
4.   Berdisiplin tinggi
5.   Berbudaya Islam
6.   Memiliki kecintaan terhadap lingkungan

D.   SASARAN MAN 1 Rantau
1.   Tercapainya peningkatan kualifiksi tenaga kependidikan
2.   Tercapainya pelaksanaan pembelajaran bimbingan penyuluhan/konseling dan ekstrakurikulir
3.   Tercapainya peningkatan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Islam
4.   Tercapainya peningkatan hubungan kerjasama dengan orang tua siswa, masyarakat dan steackcholder
5.   Tercapainya peningkatan ketatausahaan, rumah tangga madrasah, perpustakaan dan laboratorium

E.    Motto MAN 1 Rantau
6 S ( Senyum, Salam, Sapa, Salim, Sopan Dan Santun).

F.    Kurikulum pada MAN 1 Rantau
Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) Berkarakter dan Kurikulum 2013

G.  ANALISIS PROFIL PENDUKUNG
1.      Kondisi Lingkungan.
Lingkungan MAN 1 Rantau, baik lingkungan internal maupun eksternal sangan menunjang bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, pertumbuhan, perkembangan dan tingkah laku siswa. Lingkungan internal dan eksternal MAN 1 Rantau secara potensial berpengaruh sangat positif bagi perkembangan dan tingkah laku warga MAN 1 Rantau. Hal ini disebabkan oleh sebagian input (siswanya) berasal dari MTsN dan SLTP serta Paket B yang memiliki lingkungan yang cukup baik. Disamping itu MAN 1 Rantau yang berlokasi didekat perumahan cukup mendukung bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan penerapan disiplin siswa.

2.      Kondisi Geografis
Kondisi geografis MAN 1 Rantau berada ditengah perkotaan, sehingga mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini yang merupakan salah satu alasan mengapa MAN 1 RANTAU diminati masyarakat. Sedangkan dari segi sumber daya alam belum banyak yang bisa dikembangkan untuk akses pendidikan.

3.      Titik Koordinat
Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau terletak pada titik koordinat :
Ø  Latitude -2.93071,
Ø  Longitude 115.15796.

4.      Kondisi Sosial Ekonomi
Dari sisi social ekonomi, dimana masyarakat, lembaga adapt, lembaga ekonomi dan lain – lain yang terhimopun dalam badan mandiri, yaitu komite sekolah. MAN 1 Rantau mendapat dukungan yang baik dari masyarakat, disamping karena tingkat social ekonomi masyarakat yang memadai, juga kesadaran, kepedulian dan antusias masyarakat terhadap pendidikan di MAN 1 Rantau yang baik.

5.      Kondisi Demografis
Mata pencaharian penduduk sebagaian besar adalah pengusaha dan pegawai negeri, sehingga disatu pihak memberikan potensi dalam mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

6.      Kondisi Pendidikan Yang Diharapkan
               Tujuan pendidikan yang diharapkan MAN 1 Rantau mengacu pada kebijakan Pendidikan Menengah Umum, yaitu :
Untuk meningkatkan kemampuan intelektual yang berbasis pada IPTEK dan IMTAQ.
v  IPTEK, dirumuskan dengan :
§  Peningkatan rata-rata UN
§  Membekali Pengetahuan Ilmu Dasar, sesuai dengan program pilihannya.
§  Peningkatan siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi

v  IMTAQ, dirumuskan dengan mewujudkan nuansa keagamaan, dengan :
§  Adanya peningkatan pengembangan kegiatan keagamaan.
§  Terbinanya perilaku dan budi pekerti siswa dengan baik, yang ercermin dalam disiplin mentaati tata tertib, saling menghargai dan akrab.
§  Timbulnya kesadaran dan kebiasaan melaksanakan ibadah keagamaan sesuai dengan keyakinannya.





    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment