MAN 1 Rantau Gelar Pesta Demokrasi




Rantau – Mansara, Dalam upaya pembelajaran demokrasi kepada siswa, MAN 1 Rantau (Mansara) menggelar pemilihan ketua OSIS secara langsung pada hari Kamis (03/09/15). Kegiatan yang mengadopsi sitem pemilihan yang dilaksanakan oleh KPU ini diikuti oleh seluruh warga Mansara baik siswa-siswi maupun dewan guru dan staf TU Mansara.
Setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya berdasarkan urutan kelas dimulai dari kelas X, sehingga proses belajar mengajar di MAN 1 Rantau tetap dapat berjalan dengan baik. Tersedia beberapa bilik suara bagi para pemilih, sehingga pemilihan ketua OSIS bisa dijamin kerahasiaannya.
Momen ini cukup menarik bahkan bisa dibilang unik. Pasalnya sistem yang digunakan dalam pemilihan ketua OSIS mengadopsi sistem yang biasa digunakan oleh KPU dalam pemilihan umum. Dimana setiap pemilih diberikan selembar kertas suara yang berisi nomor dan gambar calon ketua  OSIS sesuai dengan nomor urut yang dimiliki masing-masing calon ketua OSIS. 
Selanjutnya pemilih memberikan hak suara dengan cara mencoblos salah satu gambar calon ketua OSIS yang dijagokan dan setelah itu surat suara yang telah dicoblos dimasukkan ke dalam kotak suara. Untuk menghindari adanya pemilh ganda, setiap usai memberikan hak suaranya para pemilih diwajibkan mecelupkan jari ke dalam wadah yang berisi tinta.
“Pemilihan ketua OSIS ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi langsung bagi seluruh siswa. Siswa juga dilatih untuk bersikap jujur, sportif dan bertanggung jawab dengan memberikan hak suaranya,” kata Kamad Mansara Hilal Najmi, S.Ag.,M.Pd.I.
Usai proses pemungutan suara dilanjutkan dengan proses perhitungan suara. Pada proses ini, seluruh siswa berkumpul untuk menyaksikan hasil pemilihan ketua OSIS. Suasana meriah ketika kelompok pendukung masing-masing calon ketua OSIS meneriakkan yel-yel.
Dari hasil perhitungan diperoleh suara untuk calon dengan nomor urut (1) M. Ramadhani sebanyak 323 suara, nomor  urut (2) M. Iqbal sebanyak  70 suara, nomor urut (3) Ahmad Fatahillah Akbar sebanyak 69 suara dan nomor urut (4) Ahmad Fauzi sebanyak 31 suara. Golput sebanyak 17 suara dan siswa yang tidak hadir 23 orang. Maka, secara resmi M. Ramadhani terpilih menjadi ketua OSIS periode 2015-2016.
Pembina OSIS Mansara Hj. Siti Halidah, S.Ag., M.Pd.I, berharap ketua OSIS yang terpilih dapat menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya. “Semoga OSIS yang akan datang akan lebih baik dari OSIS sebelumnya dan bertanggungjawab atas tugas yang diembannya serta dapat merealisasikan program-program OSIS yang sudah dibuat,” harap Halidah. (Rep/Ft:Humas)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment