Riset di Madrasah Tidak Serumit Riset di Perguruan Tinggi

Banjarmasin – Mansara, “Riset di madrasah tidak serumit pada riset di Perguruan Tinggi. Siswa dapat mengembangkan riset dalam bentuk sederhana,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan H.Muhammad Tambrin saat membuka secara resmi kegiatan Orientasi Madrasah Berbasis Riset di Wisma Mapenda dari tanggal 2 s.d 4 Oktober 2015.
Mengangkat tema “Menumbuhkembangkan Tradisi Ilmiah Di Kalangan Siswa”, kegiatan ini di ikuti oleh kepala madrasah baik ditingkat MTs maupun MA se Kalimantan Selatan, termasuk MAN 1 Rantau (Mansara) yang diwakili Hj. Siti Halidah, S.Pd.I.,M.Ag
 Pada hari pertama kegiatan orientasi menghadirkan narasumber Drs. Adnan, M.Pd.I yang menyampaikan materi tentang  pengembangan Kurikulum 2013 berorientasi pada pembelajaran berbasis riset. Hari kedua menghadirkan narasumber Kasi Kurikulum dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs. Ahmad Zurkani, M.Pd  yang menyampaikan materi tentang Berpikir Ilmiah Melalui Pembelajaran Riset untuk pencapaian Kompetensi dalam kurikulum 2013.
Hj. Siti Halidah menilai kegiatan ini sangat sesuai dengan pengembangan kurikulum 2013 saat ini. “Orientasi tersebut sangat baik sekali untuk diadakan dengan tujuan menumbuhkembangkan minat dan potensi guru dan siswa untuk melakukan penelitian (riset) mulai dari hal yang sederhana sampai yang mepunyai struktur keilmiahan yang komprehensif. Hal tersebut sangat sesuai dengan pengembangan kurikulum 2013 yang berorientasi pada saintifik,” jelasnya. (Rep:Am/Ft:SH)


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment