Manfaatkan Bahan-Bahan Alami Untuk Praktikum



Manfaatkan Bahan-Bahan Alami Untuk Praktikum

Senin, 26 Januari 2015, 09:22 –





Rantau – Mansara, Bagi sebagian orang siswa, mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang cukup sulit. Hal ini disebabkan karena sebagian besar konsep – konsep yang ada pada ilmu kimia itu merupakan konsep yang bersifat abstrak, jadi membutuhkan pemikiran dan penalaran yang tinggi untuk bisa menerima atau memahami konsep – konsep yang ada pada ilmu kimia. Dari sinilah seorang guru dituntut untuk berperan aktif serta kreatif.
Seperti yang terlihat pada proses pembelajaran mata pelajaran kimia yang dipegang oleh Dra. Hj. Rayan Hafazah, Sabtu (24/01/15). Para siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Rantau (Mansara) melakukan praktikum identifikasi larutan asam dan basa. Yang menarik adalah praktikum ini menggunakan indikator alami yang ada di lingkungan madrasah. 
“Indikator yang digunakan untuk mengdidentifikasi larutan asam dan basa adalah indikator alami yang ada di lingkungan madrasah seperti ekstrak kunyit, ekstrak kulit manggis dan ekstrak bunga sepatu,” terang Hj. Rayan. Praktikum tersebut juga dilakukan di kelas XI IPA 2 sehari sebelumnya.
Adapun larutan yang diidentifikasi adalah larutan yang mudah diperoleh di lingkungan madrasah seperti larutan air comberan, larutan cuka, larutan sabun colek, larutan pasta gigi, larutan garam dan larutan gula. Para siswa nampak antusias melakukan praktikum. Setiap kelompok membuat larutan kemudian meneteskan indikator ke dalam masing-masing larutan dan memperhatikan perubahan warna yang terjadi.
Lisdayanti salah seorang siswa memaparkan hasil praktikum kimia kelompoknya. Ketika di dalam larutan asam indikator bunga sepatu akan memberikan warna merah, sedangkan di dalam larutan basa akan memberikan warna hijau. Sedangkan indikator kunyit memberikan warna kuning tua ketika dilarutkan dalam larutan asam, memberikan warna jingga di dalam larutan basa dan memberikan warna kuning terang pada larutan netral. 
“Lain lagi dengan indikator ekstrak kulit manggis. Ekstrak kulit manggis pada keadaan netral berwarna ungu. Memberikan warna cokelat kemerahan dalam larutan asam dan memberikan warna biru kehitaman dalam larutan basa,” terang Lisdayanti. (Rep/Ft:Am)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment