Siswa Ciptakan Kreasi Pot Bunga dari Sabut Kelapa








Rantau – Mansara, Limbah yang bisa dibilang sampah yang tidak berguna lagi terkadang justru akan menjadi sesuatu barang yang bermanfaat dan berguna apabila dapat dikreasikan oleh tangan-tangan terampil. Seperti yang dilakukan oleh siswa – siswi kelas XI MIA 1 di MAN 1 Rantau (Mansara) yang memanfaatkan sabut kelapa untuk dibuat menjadi pot cantik, Kamis (17/09/15).
Untuk membuat pot dari sabut kelapa ini, para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari dua orang. Adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah tali dan sabut kelapa. “Cara membuatnya yaitu sabut yang sudah dikupas, dipisahkan dari tempurung lalu di potong bagian atasnya kemudian dijalin dengan tali. Jadilah pot gantung,” terang salah seorang siswa.
Pot dari sabut kelapa tersebut dapat digunakan untuk menanam tanaman yang menjalar ke bawah, karena pot unik tersebut nantinya digunakan dengan cara digantung. Ika Agustina Santi, S.Pd selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berkreasi serta memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang dapat digunakan kembali.
Ia juga menambahkan, pot dari sabut kelapa tersebut akan digunakan untuk tanaman dan digantung di lingkungan madrasah sebagai tambahan koleksi tanaman dalam rangka penghijauan lingkungan madrasah. “Cara membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan modal yang banyak. Selain itu, kita dapat mengurangi limbah atau sampah dan hasilnya dapat dimanfaatkan,” ucap Ika. (Rep:Am/Ft:Ika)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment