Siswa Kelola Sampah Melalui Bank Sampah


Rantau – Mansara, Berawal dari rasa kepedulian serta cinta lingkungan, MAN 1 Rantau (Mansara) mendirikan Bank Sampah Mansara / BASARA yang dikelola oleh siswa dan siswi. Keberadaan Bank Sampah ini diharapkan mampu menjadi pendorong perilaku siswa dan guru untuk makin cinta kepada lingkungannya.
Kepala MAN 1 Rantau, Hilal Najmi, S.Ag., M.Pd.I menuturkan bahwa banyaknya sampah yang ada disekitar lingkungan menjadi masalah bersama bagaimana agar sampah-sampah yang ada dapat dikelola dengan baik sehingga memiliki nilai tepat guna. Dengan adanya Bank Sampah ini terbukti mampu mengurangi permasalahan sampah.
Sementara itu, Muhammad Rahman (XI MIA 2) selaku Direktur Bank Sampah Mansara bersama dengan anggota pengelola Bank Sampah rutin mengajak seluruh siswa untuk menyetorkan sampahnya ke Bank Sampah. “Hari ini kami menghitung dan menimbang sampah yang telah disetorkan oleh seluruh siswa. Sampah – sampah yang disetor harus sudah dipilah berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik dan anorganik” tutur Rahman, Jum’at (25/09/15).
Dengan bank sampah ini, siswa dan guru memang dituntut untuk bisa dan mau memilah sampah organik, nonorganik, memisahkan sampah plastik, kertas dan daun. Selanjutnya mereka juga dituntut untuk kreatif untuk bisa mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna. “Sampah selalu jadi masalah, namun ketika terkelola baik maka bisa mendatangkan rupiah” tambah Rahman. (Rep/Ft:Am)


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment