Siswa Mansara Ikuti Penyuluhan Kesehatan

Rantau – Mansara, Puluhan siswa kelas X MAN 1 Rantau (Mansara) mengikuti Penyuluhan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskemas Tapin Utara, Selasa (20/10/15) di Mansara. Penyuluhan ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar peserta didik dapat menghayati, menyenangi, dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun materi yang disampaikan dalam penyuluhan tersebut diantaranya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh Phatiah, Kesehatan Reproduksi Remaja yang disampaikan oleh Istikharah serta HIV/Aids dan Narkoba yang disampaikan oleh dr. Mardiati.
Phatiah menjelaskan ada 8 indikator PHBS kepada siswa. “Indikator PHBS diantaranya mencuci tangan dengan air bersih mengalir pakai sabun, mengkonsumsi jajanan di warung / kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang terukur dan teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, serta membuang sampah pada tempatnya,” jelas Phatiah. 
Para peserta penyuluhan memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh narasumber. Materi dilanjutkan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja yang disampaikan oleh Istikharah. “Hindarilah pergaulan bebas karena akan membahayakan terutama bagi kesehatan reproduksi remaja. Selain itu, pergaulan bebas dapat merusak masa depan,” pesan Istikharah kepada peserta penyuluhan.
Materi berikutnya yaitu tentang HIV/Aids dan Narkoba yang disampaikan oleh dr. Mardiati. “HIV / Aids merupakan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh sebab itu penyakit ini sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian,” terang Dr. Mardiati. Dalam penyuluhan tersebut, para peserta juga diberikan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum mereka pahami seputar masalah kesehatan. 
Noviana Hasanah siswi kelas X Ilmu Sosial yang mengikuti penyuluhan tersebut mengaku dirinya jadi lebih menyadari pentingnya hidup bersih dan sehat. “Kita pasti ingin tubuh yang bersih dan sehat. Karena, apabila kita mempunyai tubuh yang bersih dan sehat, setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan dengan optimal. Mari berperilaku hidup bersih dan sehat,” kata Novi. (Rep/Ft:Am)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment