Siswa Mansara Tanamkan Rasa Peduli Lingkungan Hidup

Rantau – Mansara, Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Sikap mencintai dan rasa perduli terhadap lingkungan hidup dapat dilakukan dan ditanamkan sejak dini, salah satunya melalui Pendidikan Lingkungan Hidup.
Siswa kelas XI Ilmu Agama 2 MAN 1 Rantau (Mansara) nampak sedang melaksanakan kegiatan praktek Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dengan menanam bunga anggrek di dalam Green House Mansara, Sabtu (24/10/15). Sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Dra. Hj. Shopiyati Wijati menjelaskan pentingnya kegiatan praktek langsung untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup ini.
“Untuk menanamkan rasa peduli dan cinta lingkungan hidup dapat dilakukan dengan praktek langsung menanam dan memelihara tanaman. Para siswa diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang lingkungan hidup dan diharapkan berpartisipasi aktif memelihara lingkungan” papar Hj. Shopi.
Ia juga menambahkan tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup adalah untuk mewujudkan manusia yang memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan untuk berperan aktif dalam rangka melestarikan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
Para siswa nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Masing-masing siswa menanam bunga anggrek ke media tanam. Tanaman tersebut akan menjadi tambahan koleksi Green House Mansara dan dipelihara serta dirawat bersama.
“Lingkungan hidup saat ini kualitasnya sudah buruk sudah berbeda dengan lingkungan hidup pada zaman sebelumnya. Ini akibat dari pertambahan penduduk yang meningkat dan perkembangan teknologi yang semakin pesat” ujar Hj. Shopi. Melihat permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini berkembang pesat dan kompleks, diharapkan Pendidikan Lingkungan Hidup ini mampu memberikan kontribusi untuk  kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. (Rep/Ft:Humas)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar

    Facebook Comment